Random Posts

Anda perlu tahu apa itu asuransi, kerugiannya dan fungsinya

 


Asuransi adalah kesepakatan antara dua pihak, yaitu pemegang polis yang membayar premi dan perusahaan asuransi yang memberikan pertanggungan penuh kepada pembayar jika terjadi masalah.

 

Memiliki asuransi merupakan hal yang penting untuk dilakukan jika terjadi sesuatu yang serius. Asuransi diatur oleh Undang-Undang (UU) n. 40 tahun 2014 tentang asuransi.

 

Asuransi adalah perjanjian antara dua pihak, perusahaan asuransi dan pemegang polis, yang menjadi dasar pemungutan premi oleh perusahaan asuransi dengan imbalan:

 

• Memberikan ganti rugi kepada pemegang polis atau pemegang polis jika terjadi kerugian, kerusakan, pengeluaran, kehilangan pendapatan atau tanggung jawab pihak ketiga yang mungkin diderita oleh pemegang polisi atau pemegang polisi karena terjadinya suatu peristiwa yang tidak pasti.

 

• Memberikan pembayaran berdasarkan meninggalnya pemegang polis atau pembayaran berdasarkan nyawa pemegang polis dengan besaran manfaat yang telah ditentukan dan/atau berdasarkan hasil pengelolaan dana.

 

 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), asuransi adalah suatu pertanggungan atau perjanjian antara dua pihak di mana salah satu pihak berkewajiban untuk membayar angsuran dan pihak lain berkewajiban untuk memberikan jaminan penuh kepada wajib pajak jika terjadi sesuatu pada yang pertama. bagian. atau kepemilikannya sesuai dengan kontrak. selesai.

 

Barang dan jasa, jiwa dan raga, kesehatan manusia, tanggung jawab perdata dan segala barang lainnya yang dapat hilang, rusak, hilang dan/atau diturunkan nilainya dikenakan asuransi. Sedangkan tujuan utama dari asuransi adalah memberikan perlindungan agar keuangan masyarakat tidak terpengaruh apabila terjadi risiko yang mengakibatkan kerugian. 10 Fakta Menarik Tentang Lautan Bumi

 

asuransi kerusakan

Asuransi non-jiwa adalah asuransi yang menanggung risiko kerugian, kehilangan pendapatan dan tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga, sebagai akibat dari peristiwa yang tidak pasti. Contoh produk asuransi non-jiwa adalah asuransi kebakaran, asuransi laut, asuransi kendaraan bermotor, asuransi laut, dan asuransi properti.

 

 

fungsi asuransi

Asuransi memiliki dua fungsi yang dijelaskan dalam buku Cara Mudah Belajar Tentang Asuransi. Fungsi asuransi meliputi fungsi primer dan sekunder yang dijelaskan di bawah ini.

 

1. Fungsi utama

Fungsi utama atau prinsipal adalah mekanisme transfer risiko. Fitur ini merupakan sarana atau mekanisme pemindahan risiko dari tertanggung kepada penanggung akibat kemungkinan kerugian atau kerusakan yang diderita oleh tertanggung melalui pembayaran premi.

Premi asuransi yang dibayarkan oleh tertanggung harus wajar dan seimbang dengan tingkat risiko yang akan diterima oleh penanggung (premi wajar). Oleh karena itu, perusahaan asuransi memiliki dana yang cukup untuk dapat membayar kewajibannya kepada nasabah yang mengalami kerugian.

 

2. Fungsi sekunder

Fungsi sekunder asuransi adalah untuk merangsang pertumbuhan ekonomi dan bisnis, mencegah kerugian, mengendalikan kerugian, memiliki manfaat sosial dan menabung atau berinvestasi. Baca juga Pengertian Asuransi Primer, Sekunder dan Khusus Demikian penjelasan mengenai asuransi, serta dasar hukumnya, jenis dan fungsinya.

Belum ada Komentar untuk "Anda perlu tahu apa itu asuransi, kerugiannya dan fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel