Random Posts

Ini dia tujuan dan fungsi asuransi, mari kita bahas



Asuransi adalah kesepakatan antara pelanggan dan perusahaan asuransi. Isi perjanjian adalah bahwa perusahaan asuransi bersedia membayar sejumlah uang untuk kerugian karena sesuatu di masa depan setelah klien setuju untuk membayar uang (premi). Ada berbagai jenis asuransi dan masing-masing memiliki tujuan umum yang sama dengan asuransi. Jenis asuransinya antara lain asuransi jiwa, asuransi kecelakaan, asuransi kecelakaan dan ada juga asuransi kebakaran.

 

Premi atau uang yang dibayarkan oleh pelanggan biasanya jauh lebih kecil daripada kerugian alami yang akan diderita pelanggan jika terjadi peristiwa tertentu. Banyak perusahaan asuransi yang mewajibkan nasabahnya untuk membayar premi sebulan sekali, namun ada juga perusahaan asuransi yang menerima pembayaran premi berganda. Besaran premi yang disetorkan juga bervariasi tergantung dari jenis asuransi dan perusahaan asuransi. Namun, jumlah premi yang harus dibayar biasanya dihitung berdasarkan tarif premi dikalikan dengan uang pertanggungan.

 

 

Inilah fungsi dan tujuan asuransi yang dapat menambah pengetahuan asuransi Anda dan semakin memperkuat niat Anda untuk membeli asuransi.

 

subjek asuransi

Asuransi memiliki beberapa tujuan, antara lain untuk bertindak sebagai penjamin bagi nasabah agar terlindung dari risiko yang akan timbul jika terjadi hal-hal yang tidak terduga. Asuransi juga dapat meningkatkan efisiensi sesuatu, nasabah tidak perlu melakukan berbagai upaya pengamanan dan pengawasan, karena akan memakan banyak waktu dan tenaga.

 

Tujuan asuransi adalah untuk menyamakan biaya, artinya nasabah hanya menanggung biaya-biaya tertentu dan tidak perlu membayar kerugian yang ditimbulkan karena perusahaan asuransi yang menanggungnya. Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi nasabah karena besarnya kerugian yang ditimbulkan tidak dapat dipastikan.

 

Asuransi jiwa memiliki tujuan asuransi yang sangat mulia, yaitu tabungan nasabah. Bahkan, jumlah yang akan diterima tentu akan jauh lebih tinggi dari jumlah premi yang dibayarkan. Namun sayangnya, tujuan ini hanya berlaku untuk asuransi jiwa.

 

 

fungsi asuransi

Berikut adalah fungsi utama asuransi:

 

1. Pengalihan Risiko

Pengalihan risiko ini berarti risiko akan dialihkan kepada perusahaan asuransi sebagai penanggung. Oleh karena itu, besarnya ketidakpastian yang dialami nasabah akibat kejadian yang tidak terduga akan diganti dengan asuransi berupa ganti rugi atau klaim karena telah membayar premi oleh nasabah.

 

2. Penggalangan Dana

Dana tersebut akan dihimpun dari nasabah dan kemudian perusahaan asuransi akan mengelola dana tersebut sehingga dapat berkembang. Pendapatan dari penanganan uang klien akan digunakan untuk membayar kompensasi jika klien mengalami kejadian yang tidak diharapkan dan merugikan.

 

3. Bonus saldo

Perusahaan asuransi akan memastikan bahwa pembayaran premi seimbang dengan risiko yang akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Oleh karena itu, kedua belah pihak tidak akan merasa dirugikan dengan adanya perjanjian tersebut. Untuk asuransi non-jiwa, besaran premi akan ditentukan berdasarkan tarif premi dikalikan dengan nilai pertanggungan yang diinginkan. Untuk asuransi jiwa, besaran premi biasanya sesuai dengan kesepakatan atau ketentuan perusahaan asuransi.

 

Sedangkan fungsi tambahannya adalah cara untuk menghemat dana investasi, mencegah kerugian dan meminimalkan kerugian. Selain itu, asuransi juga berguna untuk merangsang pertumbuhan ekonomi sehingga bisnis tumbuh.

Belum ada Komentar untuk "Ini dia tujuan dan fungsi asuransi, mari kita bahas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel